9 AMALAN RINGAN, TAPI PAHALANYA BESAR,

1.SILATURAHMI
Spoilerfor Picture:

Quote:Banyak orang yang menganggap silaturahmi, mereka menganggap itu tidak istimewa. Padahal amalan ringan ini memiliki banyak keuntungan di dunia maupun di akhirat nanti.

Keuntungan yang diberikan Allah : tambah rezeki, dipanjangkan umurnya, dan dihindarkan dari kejahatan, mendapat ridha Allah, memupuk kasih sayang dan menambah pahala juga tentunya.

Simple kan? Silaturahmi ini amalan yang paling gampang dilakukan lho…

Kita tidak memerlukan biaya yang besar utnuk menyambung ikatan dengan keluarga, saudara,teman, guru dan lain-lain. Apalagi di jaman sekarang, silaturahmi lebih dilakukan dengan bantuan teknologi yang semakin canggih.


2.MENGUCAP SALAM

Spoilerfor Picture:

Nah ini nih yang paling TS suka, Cuma bilang ‘Assalamu’alaikum” doang tapi pahalanya gedhe
Sabda Rasulullah saw. “Ketika seorang muslim menyampaikan salam kepada sesamanya, lalu ia dibalas salamnya, maka para malaikat bershalawat tujuh puluh kali kepadanya. Dan kalau salamnya tidak dijawab oleh yang bersangkutan, maka malaikat menjawab salamnya, kemudian mengutuki tujuh puluh kali terhadap oran yang tidak menjawab salam tersebut.”

Menebar salam kepada sesama muslim juga sebagai tanda saling menyayangi karena saling mendoakan.
Kaskuser muslim sekalian sayang kan sama saudara seimannya?


3.ADZAN

Spoilerfor Picture:

Wah, kalo ini pasti amalan paling mudah deh buat agan-agan semua Amalannya ringan, cuma modal suara doang, tapi bisa mengantar agan-agan sekalian ke surga
Diriwayatkan dalam sebuah hadis, bahwa ada seseorang yang datang dan bertanya kepada Rasulullah, “Ya Rasulullah, jelaskan kepadaku, amalan apakah yang dapat mengantarku ke surga?” Nabi SAW kemudian menjawab, “Jadilah muadzin(juru adzan) untuk menghimpun shalat berjamaah! JIka tidak mampu, maka jadilah imam shalat berjamaah dengan mereka. Jika tidak bisa, maka beririlah di shaf pertama setiap shalat berjamaah”

Tapi jangan ngasal ya gan adzannya, ini seruan utnuk ibadah lho..


4.MENYEMPURNAKAN WUDLU

Spoilerfor Picture:

Kesempurnaan wudlu itu maksudnya tata caranya benar sesuai sariat dan senantiasa suci dari hadas besar dan kecil.
Usahakan setiap saat selalu suci, jadi kalo wudlunya batal haruslah wudlu lagi. Jangan cuma pas mau shalat aja
Nabi bersabda,”Beristiqamahlah(lakukan amal secar arutin dan tetap), tiada terhitung keuntungannya. Renungkanlah, bahwa amalmu yang terbaik adalah shalat dan tiada yang kuat memelihara wudlu ngakkecuali orang yang beriman. Karena itu wudlulah(dalam keadaan suci) setiap hari sekalipun akan tidur tetaplah memiliki wudlu, sebab yang demikian itu dikasihi Allah dan para malaikat penjaga.”

Amalan ini mampu menghapus dosa lho, karena dosa-dosa yang melekat pada anggota tubuh kita akan ikut pergi bersama tetesan air.

Hebat kan?


5.MEMBACA TASBIH DAN TAHMID

Spoilerfor Picture:

Quote:Barangsiapa yang membaca tasbih dan tahmid dengan ikhlas dan sepenuh hati, maka Allah akan membuka ampunan baginya dan menjanjikan balasan pahala.

Tinggal serukan Subhanallah(tasbih) dan Ahamdulillah(tahmid) satu kali saja dengan sepenuh hati dosa-dosa kita diampuni, dihimpun dengan orang yang suka berdzikir, dianggap paling utama dari orang yang berdzikir siang malam, disiapkan taman di surga, dosa-dosanya lenyap seperti gugurnya pohon kering, dirahmati Allah dan tidak akan disiksa

Jadi, biasakanlah untuk membaca Tasbih dan Tahmid dan bacaan dzikir yang lain ya


6.MEMBACA SHALAWAT

Spoilerfor Picture:

Quote:Shalawat ini bukti cinta kita terhadap Rasulullah dan kelak di akhirat nanti Rasulullah akan memberikan syafaatnya untuk orang-orang yang sering membaca shalawat sehingga kita akan selamat dari neraka dan diantar ke surga.

Shalawat ini dapat mengobati kesedihan serta menghapus dosa juga lho, dan yang paling greget lagi, Allah akan membalasnya sepuluh kali!

Umar berpendapat, doa setiap orang akan tertahan di antara langit dan bumi, doa itu tidak akan naik jika tidak dibacakan shalawat nabi. Jadi jangan sampai berdoa tanpa disertai shalawat ya..


7.MEMBACA SURAH AL IKHLAS

Spoilerfor Picture:

Quote:Dari Ali bin Abi Thalib r.a. bahwa Nabi bersabda, “Barabgsiapa membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak sepuluh kali sesudah shalat subuh, maka tiada dosa yang menimpa padanya(ia tidak bakal berbuat dosa), sekalipun setan memperdaya dengan sungguh-sungguh.”

Subhanallah, dahsyat banget ya gan…
Kalimat-kalimat dalam surat Al-Ikhlas mengandung ketauhidan, kesaksian bahwa kita mengakui adanya Allah sebagai Tuhan Yang Maha Esa, yang tiada sekutu baginya. Hanya kepada Allah-lah kita meminta dan bertawakal. Jadi, biasakanlah membaca surat pendek yang hanya 4 ayat ini sehingga kita dapat diampuni dosa-dosanya


8.MENGAGUNGKAN MASJID

Spoilerfor Picture:

Quote:Seorang muslim hendaknya mengagungkan masjid, sebab perlu disadari masjid merupakan bangunan yang digunakan untuk beribadah.

Caranya adalah selalu menjaga kebersihannya, membaca doa saat hendak masuk dan keluar masjid, melakukan shalat Tahiyatul Masjid ketika masuk ke dalamnya, tidak melakukan jual beli di dalam masjid, tidak membawa senjata dan mengeraskan suara(kecuali membawa ayat Al-Qur’an/ ketika jadi imam), tidak membahas urusan duniawi, tidak membunyikan jari tangan, berdzikir dan tidak mencari barang yang hilang di dalam masjid.

Jadikanlah masjid seperti layaknya rumahmu sendiri dengan kelapangan hati, Allah akan menjamin akan membuatnya mudah melewati shirath, selamat dari api neraka, dan cepat menuju keridhaan Allah.


9.MEMBACA KALIMAT TAUHID

Spoilerfor Picture:

Quote:La ilaha illallaah, Tiada Tuhan selain Allah!
Maknanya dalem banget gan
Dosa-dosa akan lenyap berkat membaca bacaan tauhid dengan sepenuh hati, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dan tidak melakukan perbuatan syirik(menyekutukan Allah)

“Pada suatu saat akan terjadi orang-orang kafir menginginkan masauk islam(menjadi muslim) yaitu di saat mereka yang pernah beriman dengan kalimat La ilaha illallaah keluar dari neraka, dan pada hari itu orang-orang musyrik sangat menyesal, mereka berkata “Aduh seandainya kami dahulu beriman.”( QS. Al-Hijr:2)


Source : http://www.unikaneh.com/2013/09/inilah-9-amalan-ringan-yang-mempunyai.html#ixzz2g4huWYnQ

Komentar